Ed Sheeran Gunakan Visa Jenis Terbaru

Mar 12, 2024

JAKARTA: Ed Sheeran menggunakan visa jenis baru, Music Performer Visa, untuk masuk ke Indonesia dalam rangka pagelaran konser. Visa tersebut dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) untuk mempermudah perizinan penyanyi mancanegara menggelar konser di Indonesia.

Dalam konser keduanya di Indonesia yang bertajuk: + - = ÷ x, Ed Sheeran menggunakan visa jenis baru Music Performer Visa. Visa tersebut diterbitkan pada 14 September 2023. Visa ini dibuat secara khusus untuk pemusik beserta kru yang ingin melakukan konser di Indonesia. Music Performer Visa tergolong dalam visa “Single Entry” yang berlaku selama 60 hari. Untuk mendapatkan Music Performer Visa, penyanyi internasional tidak perlu lagi melampirkan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), izin tenaga kerja, dan surat keterangan berpengalaman kerja minimal lima tahun.

Beberapa promotor, salah satunya adalah promotor Ed Sheeran di Indonesia, menyebutkan dibutuhkan waktu yang sangat panjang dan proses perizinan yang susah untuk menggelar konser internasional di Indonesia, sehingga penyanyi internasional enggan memasukkan Indonesia sebagai salah satu list negara world tour mereka. Artis-artis tersebut lebih memilih mengadakan konser di negara tetangga, Singapura, karena perizinan dan birokrasi yang mudah.

Menurut Silmy Karim, Direktur Jenderal Imigrasi Republik Indonesia, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, penyederhanaan perizinan ini dilakukan karena penyanyi internasional itu hanya beraktivitas dalam waktu yang sebentar di Indonesia dan tidak termasuk dalam kompetitor musikus lokal. Silmy Karim berharap dengan dipermudahnya kebijakan keimigrasian, dapat memajukan penyelenggaraan wisata musik Internasional di Indonesia. Sehingga, Indonesia dapat bersaing dengan negara tetangga untuk menarik perhatian artis Internasional dan menjadikan Indonesia sebagai list dalam tour artis-artis internasional. “Penyelenggaraan konser musik internasional dapat memberikan dampak positif terhadap perekonomian Indonesia, “ katanya. (art)

Avatar

K&K Advocates